Volvo Luncurkan EC200D di Indonesia

“Lhoh perusahaan Volvo bukanya bergerak di bidang produksi perkakas genset ya ? Karena saat saya berkunjung ke toko jual genset jakarta pernah lihat mesin tersebut yang dilabeli brand Volvo.”

Nah mungkin itu ya yeng terlintas di benak anda, setengah tidak percaya kalau perusahaan Volvo juga memproduksi alat berat Excavator. Tapi ini beneran, bukan karangan belaka. Tidak percaya ? Simak ulasan dibawah ini ya.

Volvo EC200d

Volvo Construction Equipment (VCE) secara resmi meluncurkan excavator terbaru di kelas 20 ton, EC200D, dalam sebuah acara yang meriah di Jogyakarta, Sabtu (9/3/2018). Disaksikan oleh pelanggan-pelanggannya yang datang dari berbagai belahan Indonesia, EC200D merupakan excavator yang dirancang khusus berdasarkan masukan-masukan dari berbagai stakeholder Volvo Construction Equipment di Tanah Air. Volvo sudah melakukan investasi cukup besar untuk menghasilkan produk ini, melalui riset dan pengembangan yang intensif. Sebab itu, Volvo konfiden mesin ini cocok dengan segmen yang disasarnya di negeri ini.

“EC200D adalah terbaru kami di kelas 20 ton yang lahir setelah proses R&D bertahun-tahun yang kami lakukan di kawasan Asia Tenggara,” kata Presiden Direktur Volvo Construction Equipment, Edouard Savelli, saat menjelaskan cikal bakal pengembangan excavator ini kepada media di sela-sela acara peluncuran itu.

Volvo sengaja memilih kota Jogyakarta sebagai lokasi peluncuran EC200D, sebab sejak zaman kerajaan Majapahit kota ini selalu menjadi tempat yang spesial, di mana berbagai warisan sejarah, budaya serta banyak hal modern dapat bercampur, dan semuanya itu menjadikan Jogyakarta sebuah tempat yang unik dan menarik. Kata ‘karta’ dalam Jogyakarta memiliki arti ‘berkembang’, dan ini membuat Volvo merasa Jogya merupakan kota yang tepat untuk meluncurkan EC200D.

cycle time tercepat

Gerrit Lambert, Direktur Pemasaran Volvo Construction Equipment menjelaskan pasar excavator kelas 20 di Indonesia sangat besar, terutama untuk aplikasi general construction. Dibekali dengan berbagai keunggulan, EC200D diperkenalkan untuk mendukung pengerjaan proyek-proyek konstruksi yang sedang marak di Indonesia dewasa ini. Salah satu fitur unggulan excavator ini, Gerrit menyebutkan, adalah cycle time yang cepat, sehingga dapat menjamin profitabilitas para pelanggan. “Kami menyadari para pelanggan membutuhkan excavator dengan cycle time yang lebih cepat agar dapat bersaing di industri konstruksi,” ia menjelaskan alasannya.

Asep Abdul Mupid, Key Account Director Volvo Construction Equipment, menegaskan bahwa Volvo EC200D merupakan excavator kelas 20 ton dengan cycle time tercepat yang ada di pasaran saat ini. Cycle time excavator ini termasuk penggalian, pemindahan material, unloading serta swinging empty. Semakin cepat siklus pengerjaannya, semakin tinggi pula produktivitas mesinnya.

Ia memaparkan, dengan cycle time yang sangat singkat dan kemampuan pengangkatan yang luar biasa, Volvo EC200D membantu meningkatkan produktivitas secara signifikan pada seluruh tipe pekerjaan konstruksi umum seperti konstruksi jalan, ba ngunan, pertamanan dan lainnya. Hal ini merupakan hasil konfigurasi boom 5,7 m, arm 2,9m dan bucket 0,8 m ,dengan kekuatan breakout maksimum 116 kN. Ditambah lagi dengan efisiensi pemakaian bahan bakar, produktivitas dan kualitas tinggi serta ketersediaan layanan kelas dunia.

Keunggulan lain excavator Volvo ini, Asep melanjutkan, terletak pada engine-nya. “Excavator EC200D menggunakan Volvo Engine, D5E Tier 3, yang dari dulu dikenal hemat bahan bakar. Dengan kekuatan engine Volvo D5E Tier 3 dan tenaga mesin 123 kW pada 2.000 rpm, serta hidrolik yang kompatibel, EC200D dirancang untuk beroperasi cepat dan dengan cycle time yang cepat.

“Kombinasi antara cycle time yang cepat dan pemakaian bahan yang sangat efisien akan memberikan produktivitas yang tinggi dan juga profitabilitas yang besar bagi pelanggan-pelanggan kami karena biaya per ton akan lebih unggul dibandingkan produk-produk kompetitor,” papar Asep meyakinkan. Hal ini yang menjadi dasar keyakinan Volvo mampu meraih market share yang bagus di kelas 20 ton ke depan.

Crawler excavator EC200D memiliki semua fitur premium Volvo bahkan lebih. Selain itu, EC200D menawarkan kemampuan pada torsi ayunan yang sangat tinggi dan kemampuan lifting yang sangat unik yang membuat EC200D menjadi pilihan tepat bagi berbagai tipe pekerjaan konstruksi.

Selain itu, EC200D sangat seimbang dan stabil sehingga memberikan mesin ini kemampuan pemuatan dan pengangkatan yang luar biasa pada berbagai posisi boom dan arm. “Kombinasi mesin yang solid dan kuat, hidrolik yang kompatibel, dan kontrol yang tepat dalam satu rangkaian mesin dengan keseimbangan yang sangat baik membuat EC200D mampu mengangkat beban yang lebih berat. Semua fitur ini membuat excavator ini memiliki tingkat produktivitas yang lebih tinggi,” papar AM Muralidharan, VP Sales Support & Dealer Development Volvo CE Sales Region APAC.

Excavator EC200D memiliki desain kabin yang ergonomis, yang menawarkan kenyamanan dan visibilitas yang identik dengan mesin Volvo. Rancangan seperti ini membuat operator benar-benar merasa nyaman selama operasi. Di samping itu, excavator EC200D sangat mudah dikendalikan dan menawarkan stabilitas superior yang menjamin kelancaran dan efisiensi selama operasi.