Rasakan Keseruan Bertualang di di Kota Gede, Yogyakarta

Rasakan Keseruan Bertualang di di Kota Gede, Yogyakarta

Pada abad ke 17 berdiri Kesultanan Mataram Islam yang beribu kota di Kota Gede. Kawasan ini dahulu kala merupakan ibu kota dari tahun 1588-1613 sebelum pindah ke Karta dan kemudian pindah lagi Pleret. Saat ini Kota Gede merupakan sebuah kecamatan dari Kota Yogyakarta. Sebagai kota yang pernah menjadi Ibukota kerajaan, Kota Kotagede menjadi kota peninggalan masa lalu (heritage) yang memiliki banyak macam objek wisata jogja. Objek wisata di kawasan ini tidak hanya wisata sejarah dan arsitektur tetapi ada wisata edukasi dan juga budaya. Berikut objek-objek wisata yang terdapat di Kotagede:

  1. Kawasan Makam Raja Kota Gede Masjid Kotagede

Objek wisata pertama yang ada di kawasan ini adalah Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Kota Gede. Kedua objek wisata tersebut adalah peninggalan dari kerajaan Mataram Islam yang masih bisa disaksikan hingga sekarang. Makam pendiri sekaligus raja pertama dari kesultanan Mataram Islam ini yaitu Panembahan Senopati berada di kawasan ini bersama dengan ayah dan keluarganya. Raja-raja selanjutnya dimakamkan di Imogiri saat era Sultan Agung. Di kawasan ini wisatawan dapat melihat komplek makam yang masih dapat dilihat yaitu berupa gapura dan tembok-tembok besar yang mengelilinginya. Bangunan tersebut tersusun dari batu bata yang merupakan khas abad ke 17. Bangunan tersebut beberapa kali diperbaiki karena mengalami bencana gempa bumi berkali-kali yang menyebabkan sebagian besar bangunan hancur.

  1. Masjid Kotagede

Di dekat makam tersebut terdapat Masjid Kotagede yang saat ini masih berdiri dengan megah dan masih digunakan sehari-hari oleh umat Islam. Masjid ini dianggap sebagai masjid tertua di Jogja yang terkenal arsitektur Jawa klasiknya. Dibangunan ini terdapat pula pengaruh agama Hindu dan Buddha yang menjadikannya sangat indah. Wisatawan yang datang ke kawasan ini umumnya untuk berziarah sekaligus untuk beribadah di masjid.

  1. City Tour Kota Gede

Objek wisata selanjutnya adalah keleling Kota Gede. Di kawasan ini, wisatawan bisa melakukan city touratau keliling kota untuk melihat setiap sudut Kotagede yang tradisonal dan etnik. Kawasan ini tentunya berbeda dengan pusat kota Jogja yang sudah modern. Banyak bangunan tempo dulu masih ditemui di sini. Beberapa petilasan zaman dahulu juga bisa dijumpai. Selain itu di kawasan ini wisatawan bisa juga melihat koleksi toko-toko perak yang berjejer di pinggir jalan karena Kotagede terkenal dengan kerajinan perakna dan mendapat julukan Kota Perak.

Demikian objek wisata yang bisa dikunjungi saat wisata di Jogja yang terdapat di kawasan Kota Gede. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda dan bisa menjadi pilihan paket tour murah di Jogja.