Ketika Bayi Lahir Tidak Menangis, Apa Penyebabnya?

bayi menangis
bayi menangis

Tangisan bayi setelah dilahirkan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu oleh orang tuanya. Bayi yang baru lahir umumnya langsung menangis. Hal ini merupakan bagian dari reaksi bayi akibat perubahan yang dirasakannya.

Tonton video edukasi bayi baru lahir berikut ini :

Perubahan yang dimaksud merupakan perubahan kondisi yang berbeda ketika berada di dalam kandungan dan setelah berada di luar rahim Ibunya. Oleh karena itu, tangisan bayi yang baru saja dilahirkan merupakan hal wajar dan menandakan bayi dalam keadaan sehat. Namun bagaimana dengan bayi lahir yang tidak menangis?

Penyebab Bayi Lahir Tidak Menangis

Ketika bayi lahir tidak menangis biasanya orang tua merasa panik dan khawatir. Apakah bayi baru lahir yang tidak menangis merupakan sesuatu hal yang tidak wajar dan perlu penanganan khusus? Untuk mengetahui jawaban tersebut, kenali beberapa penyebab bayi lahir tidak menangis yang telah dirangkum berikut ini:

  • Adanya sumbatan pada saluran napas bayi, seperti lendir, tinja, maupun darah.
  • Pernapasan bayi yang tidak teratur dan kekurangan oksigen, biasanya terjadi pada bayi yang lahir dengan berat badan rendah atau kurang bulan.
  • Terjadi pendarahan pada masa-masa sebelum melahirkan
  • Ibu yang mengandung memiliki penyakit diabetes mellitus maupun infeksi lainnya yang berakibat langsung pada janin
  • Kadar oksigen yang diterima bayi berkurang karena keadaan tali pusar yang melilit
  • Ibu memiliki jenis panggul yang sempit yang membuat persalinan menjadi lebih lama dan bisa berakibat pada posisi janin yang tidak normal sehingga membuatnya sulit bernafas.

Bayi lahir yang tidak langsung menangis belum tentu menandakan bahwa bayi tersebut tidak sehat atau kelainan, namun terkadang bayi memerlukan waktu transisi dari yang semula berada di dalam rahim kemudian lahir ke dunia. Selama warna kulit bayi tidak biru dan detak jantungnya baik maka bayi dalam keadaan sehat. Penanganan yang dapat dilakukan bisa dengan memberi rangsangan agar bayi menangis seperti menggosok punggung bayi, mengeringkan dan diselimuti untuk menghangatkan tubuh bayi, menepuk telapak kaki bayo, dan membersihkan sumbatan pada saluran pernapasan.

Baca juga :

Umur bayi mulai bisa melihat

cara mengatasi bayi belekan