Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pemandian Sidamanik Siantar

Kawasan kabupaten Simalungun memiliki beberapa destinasi wisata menari dikunjungi seperti kebun teh terbesar nomor dua di Indonesia yakni kebun teh Sidamanik Simalungun dan yang kedua yakni pemandian Sidamanik Siantar merupakan sebuah kolam sumber mata air bersih yang masih sangat asri. Air pada kolam terlihat sangat jernih biru menyegarkan.

pemandian Sidamanik Siantar

Keberadaan pepohonan rindang membuat kawasan wisata tak terasa panas, bahkan terasa sangat sejuk walaupun siang hari. Mulanya pemandian Aek Manik Simalungun merupakan sungai biasa, tetapi aneh nya air di dalam kolam tak mengalir. Selain itu hamparan pasir putih berada di dasar kolam membuat pemandangan semakin eksotis.

Pemandian di Simalungun ini memiliki nama lain yang biasa masyarakat sekitar menyebutnya pemandian Aek Manik Simalungun. Pemandian air bersih ini terbentuk secara alami tanpa ada campur tangan manusia dalam mengelola lokasi wisata. Pada dulu kala ada produsen air Mineral, tetapi hal tersebut dilarang keras oleh warga sekitar, karena dianggap bisa merusak ekosistem alam. Oleh karena itu lah, sampai sekarang pemandian di Simalungun itu senantiasa airnya bersih alami.

Pada dinding-dinding kolam, ada bebatuan alami berupa ukuran relief yang menghiasi pada sisi-sisi dinding terlihat sangat kusam berlumut. Disana ada pancuran yang membawa air bersih dari puncak pegunungan terlihat sangat segar. Sangking bersihnya air tersebut dapat diminum tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Lantaran wisata alam ini masih tak ada campur tangan manusia dalam merenovasi, maka tak heran bila fasilitas wisata belum mendukung sepenuhnya, disana hanya ada kamar ganti saja dan beberapa tempat istirahat berupa pondok-pondok kayu. Sebaiknya titipkan barang-barang anda ke warga setempat, termasuk kendaraan pribadi. Karena hingga sekarang belum ada area parkir kendaraan.

Supaya anda bisa berkunjung kesana, ketahui lokasi wisata pemandian ini yang berada di desa Ambarisan, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut dengan kode pos 21161. Pemandian Sidamanik Siantar ini masih dalam kawasan perkebunan kebun teh Sidamanik Simalungun. Sedangkan harga tiket masuk pemandian tak ada ketentuan dari pengelola wisata maupun warga setempat alias gratis.