Paus Sperma di Dunia Seperti Apa Ya?

paus spermaPaus sperma adalah salah satu raksasa air dunia dan ditemukan di perairan laut di seluruh dunia. Meskipun secara historis dikenal sebagai cachalot umum, paus sperma  mendapatkan namanya dari substansi lilin cair yang ditemukan di kepalanya, yang digunakan dalam lilin, sabun, dan kosmetik oleh manusia.

Paus sperma pernah ditemukan dalam kelompok besar, yang dikenal sebagai polong, tetapi penangkapan ikan paus sperma yang luas di dunia telah menyebabkannya diklasifikasikan sebagai spesies rentan saat ini. Paus sperma paling sering ditemukan di laut dalam, di mana ada banyak makanan di sepanjang rak kontinental.

Seekor paus sperma dewasa dapat tumbuh hingga hampir 70 kaki panjangnya, membuat paus sperma hewan bergigi terbesar di planet ini (meskipun sekitar sepertiga dari panjang paus sperma terdiri dari kepalanya saja). Paus sperma memiliki sekitar 50 gigi besar secara keseluruhan, yang berbentuk kerucut dan berat masing-masing sekitar 1kg.

Paus sperma tidak hanya sebagai salah satu hewan terbesar di dunia tetapi juga merupakan salah satu hewan menyelam terdalam di laut (bersama dengan gajah laut dan lumba-lumba hidung botol), dan biasanya menyelam sampai kedalaman hampir 500 meter selama setengah jam di sebuah waktu. Namun diyakini, bahwa paus sperma mampu menyelam jauh lebih dalam mencapai kedalaman sekitar 3 km untuk periode 90 menit atau lebih.

Paus sperma adalah salah satu predator terbesar dan paling dominan di samudra, terutama memakan cumi berukuran sedang. Paus sperma juga dikenal untuk berburu spesies cumi yang lebih besar termasuk cumi-cumi raksasa, dan juga gurita dan ikan besar.

Karena ukuran ikan paus sperma dewasa yang sangat besar, berarti bahwa ia tidak memiliki predator alami di lautan, selain diburu oleh manusia secara berlebihan. Namun, ikan paus sperma yang lebih kecil telah diketahui diambil oleh paus pembunuh dan kadang-kadang hiu besar.

Setelah periode kehamilan yang berlangsung dari satu tahun hingga satu setengah tahun, paus sperma betina melahirkan satu ekor ikan paus sperma ke air di sekitarnya. Anak-anak mereka menyusu (memakan susu ibu mereka) hingga beberapa tahun sebelum mereka mulai memburu sendiri. Paus sperma betina dapat berkembang biak ketika mereka berusia sekitar 10 tahun dan dapat hidup sampai usia di atas 70 tahun.

Hari ini, karena perburuan berabad-abad, populasi paus sperma dianggap berada di bawah ancaman di alam liar. Meskipun populasi paus sperma dikatakan lebih kuat daripada spesies paus lainnya, paus sperma juga sekarang terancam oleh faktor-faktor lain termasuk kebisingan dan polusi kimia di dalam air.