Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir membutuhkan beberapa hal untuk proses perkembangan dan perawatannya. Kebutuhan ini diwajibkan untuk ada agar bayi selalu terjaga kesehatannya. Beberapa hal yang menjadi kebutuhan bayi baru lahir adalah:
1. Pakaian Bayi
Pakaian bayi harusnya dipersiapkan oleh orang tua sebelum bayi lahir agar setelah bayi lahir dapat langsung dipakaikan baju dan pakaian lainnya. Perlengkapan yang termasuk pakaian bagi bayi adalah baju, celana, kaos kaki, kaos tangan, gurita, pakaian dalam, popok dan kain untuk membedong bayi. Pakaian akan memastikan bayi tidak kedinginan dan tidak digigit oleh serangga yang dapat mengakibatkan kulitnya mengalami iritasi. Ibu dan ayah dapat membeli baju bayi yang unisex agar dapat digunakan oleh bayi laki-laki dan perempuan. Persiapkan minimal 12 buah untuk masing-masing pakaian karena bayi lebih mungkin untuk sering berganti pakaian.
2. Kain Gendongan
Kain gendongan tentu diperuntukan untuk menggendong bayi. Proses menggendong akan semakin mendekatkan bayi dan sang ibu. Menggendong bayi dilakukan ketika memberikan ASI, membawanya berjalan keluar rumah, atau saat bayi akan tidur. Menggunakan kain gendong akan lebih membantu ibu dalam menggendong bayi dan lebih melindungi bayi.
3. Perlengkapan Mandi
Bayi membutuhkan perlengkapan mandi yang berbeda dengan orang dewasa. Ibu dan ayah harus menyiapkan sabun dan shampoo khusus bayi. Selain itu juga sediakan bak mandi dan handuk yang khusus untuk digunakan saat memandikan bayi. Dalam memilih handuk, pilihlah yang memiliki bahan yang lembut dan menyerap air dengan baik. Sebelum dan sesudah digunakan pastikan untuk mengeringkan peralatan mandi bayi tersebut.
4. Botol dot dan Alat Pencucinya
Dot digunakan untuk memberikan susu ASI ataupun formula kepada bayi. Pada ibu yang bekerja dan harus meninggalkan bayinya di rumah, sediakanlah beberapa dot ASI dengan cara memompanya sebelum berangkat bekerja. Membeli dot juga harus disertai dengan sabun dan alat untuk mencucinya. Susu yang sudah basi menjadi tempat bersarang paling baik bagi jamur dan kuman. Mensterilkan dot tentu menjadi kewajiban untuk memastikan susu bayi tetap sehat.