Jenis-jenis genset yang beredar dipasaran

Jenis-jenis genset yang beredar dipasaran – Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar generator set atau yang biasa disebut genset. Genset merupakan sebuah alat yang menghasilkan sumber daya listrik. Yang digunakan sebagai sumber daya alternatif selain dari PLN. Alasannya karena biasanya PLN melakukan pemadaman listrik yang tak menentu.

Jenis-jenis genset yang beredar dipasaran

Dengan adanya pemadaman tersebut tentunya akan mengganggu kinerja dari instansi-instansi baik besar. Ini membuat mereka menggunakan genset sebagai alternatifnya. Namun, genset yang digunakan pun sebaiknya disesuaikan pula dengan kebutuhan. Untuk menyuplai instansi besar tentunya membutuhkan jenis genset dengan kapasitas besar pula.

Jenis-jenis genset besar

Genset memiliki jenis yang beragam, bila anda ingin membeli genset dengan daya besar pada orang yang menjual genset besar sebaiknya ketahui dulu tentang jenis-jenis genset yang beredar dipasaran.

  1. Genset turbin

Jenis genset besar satu ini memang memiliki daya listrik dalam jumlah yang besar pula mencapai 2.000.000 watt. Bagi anda yang sedang mencari genset turbin sebaiknya anda berkunjung ke toko-toko yang besar, karena tidak semua toko menjual jenis genset satu ini.

Harganya pun relatif lebih mahal, jadi sebaiknya anda membelinya secara berkelompok. Kapasitas genset turbin juga tergolong sangat besar karena bisa mencukupi kebutuhan listrik pada kota kecil.

  1. Genset diesel

Genset diesel merupakan salah satu jenis genset yang banyak digunakan khususnya di Indonesia. Alasannya mungkin karena alat ini cukup mudah ditemukan dipasaran dan juga kapasitas dari genset diesel juga dinilai cukuplah untuk menyuplai kebutuhan listrik, yaitu dari 500 watt sampai 2.000.000 watt. Sementara alasan yang lainnya mungkin karena genset satu ini memiliki harga yang terbilang cukup murah untuk genset ukuran besar. Di tempat PT Rajawali Indo utama, harga genset cummins besar mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta.

  1. Genset gas

Genset gas sangat cocok sekali untuk anda yang sedang mencari jenis genset dengan kriteria mudah dan praktis ketika digunakan. Untuk bahan bakarnya pun tergolong mudah dicari karena menggunakan gas, seperti CNG dan LPC. Cukup mudah dicari kan? Dibandingkan dengan genset lain yang menggunakan bahan bakar minyak sebagai tenaganya. Namun, walaupun bahan bakar genset ini mudah dicari, untuk masalah harga genset satu ini tergolong mahal, lihat saja untuk membeli gas CNG saja cukup mahal apalagi mesin dieselnya, pastinya lebih mahal lagi kan?

  1. Genset portable

Genset satu ini sangatlah praktis karena bisa dibawa kemana-mana. Selain itu ukurannya juga tidak terlalu besar dan kapasitas daya listriknya pun cukup memadai. Biasanya digunakan untuk acara-acara diluar ruangan yang membutuhkan daya listrik. Karena kepraktisan inilah yang membuat genset portable banyak digemari. Selain itu, harganya pun masih tergolong cukup murah.

  1. Genset bensin

Genset bensin menggunakan bahan bakar bensin. Kapasitas daya listriknya juga tidak terlalu besar, yaitu 10.000 watt. Untuk ukuran genset jenis ini pun tidak terlalu besar dan harganya juga cukup terjangkau. Inilah yang membuat genset satu ini banyak dicari orang. Nah, itulah beberapa jenis genset besar yang biasa beredar dipasaran dan tentunya masih terdapat beberapa jenis genset lainnya.