Dari Botol atau Payudara?

Dari Botol atau Payudara?Jika kita harus memilih antara yang alami dan buatan, tak terbantahkan, kita bersandar pada produk alami kecuali yang buatan memiliki sifat yang tak terbantahkan. Alam telah melengkapi kaum wanita dengan susu siap saji ketika mereka melahirkan anak mereka. Mungkin, ini hanyalah satu-satunya pilihan manusia purba. Karena tidak ada pemeliharaan ternak atau tidak ada ruang untuk memberi makan bayi dengan susu formula, ASI tidak diperlukan tetapi juga bermanfaat bagi perempuan. Tetapi dengan generasi yang lewat, manusia menjadi lebih beradab dan menemukan dan menciptakan banyak hal untuk membuat hidup mereka nyaman. Sumber susu alternatif dengan demikian menjadi sangat populer dan sumber perdebatan disaat terpicu kritik.

Ada distribusi literatur yang luas tentang manfaat menyusui selama berabad-abad dan itu adalah fakta yang jelas bahwa semua wanita ingin memberi makan anak mereka dengan sumber makanan eksklusif yang hanya dimaksudkan untuk anak-anak mereka. Namun, karena komitmen kerja, alasan kesehatan atau bentrokan waktu, banyak dari mereka tidak dapat memberi makan anak-anak mereka.

Telah dipertimbangkan selama bertahun-tahun bahwa ibu dan bayi masuk ke dalam ikatan khusus saat bayi sedang diberi makan. Namun, ibu yang memberi makan bayi mereka dengan susu formula dapat membangun ikatan yang lebih kuat juga dengan pemberian dan kasih sayang mereka. Mengenyampingkan perdebatan, banyak akademisi pediatrik global menyarankan memberi makan bayi setidaknya selama 6 bulan dengan ASI eksklusif dan selama satu tahun dengan makanan teratas.

Mari kita memahami manfaat dari ASI dan susu botol untuk membiarkan wanita memilih opsi yang nyaman bagi mereka:

Manfaat untuk bayi:

Seperti yang kita semua tahu bahwa ASI memberikan nutrisi yang diperlukan untuk bayi seperti yang disesuaikan sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi.
Susu alami melindungi bayi dari infeksi dan mereka cenderung jarang sampe dirawat di rumah sakit. Susu ibu membangun sistem kekebalan untuk seumur hidup dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Ibu memberikan antibodi ke bayi saat menyusui, yang membantu membangun dinding pelindung terhadap banyak penyakit.
Sangat mudah dicerna dan mengurangi kesempatan bagi bayi untuk jatuh sakit karena masalah pencernaan. Kolik, sembelit dan diare kurang mungkin bila dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

Manfaat untuk ibu:

Perawatan jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan memberi susu formula. Botol sterilisasi adalah melelahkan. Waktu persiapan disimpan sebagai susu ibu sudah jadi.
Wanita yang menyusui memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker payudara dan kanker ovarium.
Para wanita yang menyusui memiliki pemulihan pasca persalinan yang lebih cepat dan rahim mereka kembali ke keadaan normal dalam waktu enam minggu sehingga membantu ibu untuk menurunkan berat badan bayi karena mereka kehilangan banyak kalori saat menyusui.
Menyusui dapat digunakan sebagai metode kontrasepsi alami di bawah beberapa pedoman yang ditetapkan yang dikenal sebagai Lactational Amenorrhea Method (LAM).

Adverse elemen menyusui:

Puting Sakit awalnya menyulitkan banyak wanita yang mulai menyusui.
Saat menyusui, sulit untuk memahami apakah bayinya memiliki cukup susu atau tidak karena tidak dapat diukur seperti susu formula.
Bayi yang diberi ASI membutuhkan episode keperawatan yang lebih sering daripada susu formula yang diberikan bayi dan karenanya ini dapat dianggap sebagai tugas yang memakan waktu dan mungkin menjadi hambatan bagi ibu yang bekerja.
Menggunakan botol lebih nyaman ketika Anda berada di tempat umum.
Ibu menyusui perlu menjaga diet mereka karena nutrisi yang baik membantu mereka dalam menghasilkan susu yang lebih sehat. Mereka harus menghindari kebiasaan merokok dan asupan zat.

Dengan faktor-faktor yang sudah ada, terserah ibu-ibu untuk memutuskan metode pemberian makan yang efektif demi kepentingan terbaik anak mereka setelah mempertimbangkan seluruh keadaan di sekitarnya. Karena kedua metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, setiap metode yang dipilih harus dipercaya sebagai sumber terbaik untuk anak.