Cara Mengatasi Bayi Belekan

bayi belekan

Memiliki bayi yang sehat dan kuat tentu saja menjadi salah satu dambaan semua orang tua. Tentu saja untuk meraih hal tersebut, merawat dan menjaga kesehatan si kecil dengan baik menjadi salah satu cara yang ditempuh. Buah hati menjadi bagian dari jiwa raga orang tua maka dari itu tentu Anda akan merasakan sakit jika si kecil mengalami sakit dan begitupun sebaliknya. Maka dari itu, tentu saja rasa sedih akan Anda rasakan ketika si kecil diserang oleh penyakit, salah satunya adalah belekan. Jika orang dewasa saja merasakan kesakitan, lalu bagaimana dengan bayi Anda? Nah, daripada pusing dan bingung berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bayi belekan.

Cara Mengatasi Bayi Belekan

Perhatikan si kecil

Pemberian perhatian kepada si kecil tentu akan membuatnya merasa aman dan penuh kasih sayang. Sembari melakukan hal itu, perhatikan juga apakah belekan yang dialami oleh bayi adalah belekan normal ataukah belekan yang tidak normal. Jika belekan normal maka bisa langsung Anda bersihkan dengan tisu yang lembut sedangkan jika belekan tidak normal bisa langsung ditanggulangi dengan cara mengompresnya.

Membawa ke dokter jika mata memerah

Mata memerah tentu bukanlah hal yang normal. Maka dari itu, penting sekali untuk segera membawa si kecil ke dokter atau ke puskesmas terdekat untuk bisa mendapatkan penganan yang cepat dan efektif. Semakin cepat Anda membawa si kecil maka semakin cepat pula rasa sakit yang dirasakan bayi akan hilang.

Memijat dengan pelan khususnya jika ada penyumbatan air mata

Penyumbatan air mata ini bisa saja terjadi sehingga perlu dilakukan pemijatan untuk bisa membuka saluran air mata tersebut. Melalui pemijatan, maka lambat laun saluran air mata akan kembali berfungsi dengan baik.

Ada banyak sekali penyebab bayi belekan diantaranya adalah adanya infeksi dan penyumbatan pada saluran air mata pada bayi.

baca juga :

Usia bayi dapat menggunakan matanya untuk melihat

Penyebab bayi lahir tidak menangis