Cara dan Arti Penting Pengolahan Air Limbah

Cara dan Arti Penting Pengolahan Air Limbah – Jumlah penduduk dunia yang ada di masa sekarang ini sangat berbeda dengan zaman dahulu. Di masa lalu, jumlah penduduknya tidak terlalu banyak sehingga jarak antara rumah yang satu dengan rumah yang lainnya tidak begitu dekat. Bukan hanya jarak rumah saja, bahkan jarak antara sumur dengan WC saja juga cukup berjauhan.

Cara dan Arti Penting Pengolahan Air Limbah

Selain itu, di masa lalu yang namanya bahan atau limbah kimia juga nyaris tidak ada, sehingga apabila mereka mengkonsumsi air sumur secara langsung pun masih relatif aman. Nah, kalau sekarang sebaiknya jangan mencoba melakukan hal tersebut karena sebagian besar tanah sudah terkontaminasi limbah yang berbahaya.

Untuk mencegah supaya lingkungan (termasuk tanah) tidak tercemar lebih parah lagi, diperlukan adanya upaya dari manusia itu sendiri untuk mengolah limbah yang dihasilkannya sebelum membuangnya. Khusus untuk air limbah, bisa diolah menggunakan IPAL dengan pilihannya sebagai berikut:

  1. Diolah secara mandiri atau individual, namun konsekuensinya adalah membutuhkan lahan yang luas dan biaya pembuatan serta biaya perawatan yang cukup besar
  2. Diolah secara komunal atau bersama-sama, dengan keuntungannya adalah biaya yang dibutuhkan lebih ringan, lahan yang dibutuhkan lebih hemat dan perawatan yang juga bisa dilakukan secara bersama-sama

Masing-masing dari pilihan IPAL di atas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika memang lahan dan biayanya mumpuni, mengolah air limbah dengan memasang IPAL secara individu bisa dilakukan. Tetapi, jika lahan yang ada terbatas, sekalipun biayanya tersedia, maka sebaiknya pengolahan air limbah dilakukan secara komunal saja.

Arti penting pengolahan air limbah sebaiknya mulai diperhatikan oleh setiap manusia yang masih hidup. Kenapa? Karena jika air limbah ini langsung dibuang begitu saja, dia bisa menimbulkan bahaya, yakni bahaya terhadap kesehatan dan bahaya terhadap lingkungan.

Dikatakan bahaya terhadap kesehatan karena air limbah, katakanlah yang berasal dari WC, pasti mengandung bakteri yang bisa mengakibatkan penyakit. Jika air limbah ini sampai meresap dan merembes ke dalam sumur, kemudian air sumur tersebut digunakan untuk mencuci, mandi, menggosok gigi dan lain-lain, bisa dipastikan bakteri ini akan mengganggu kesehatan.

Lalu, dikatakan bahaya terhadap lingkungan karena ada air limbah tertentu seperti air bekas cucian yang mengandung bahan kimia dari deterjen. Air limbah seperti ini bisa mempengaruhi kualitas tanah jika dibuang langsung ke tanah dan bila dibuang ke sungai bisa merusak ekologi sungai.